5/18/2016

[Review] Saint Seiya: Soldiers Soul


Saint Seiya: Soldiers Soul
Platform: PC
Genre: 3D Fighting
Release Date: November 26, 2015
Bandai Namco

"Debu-Debu Intan !!" Barangkali untuk anda yang masa kecilnya di era tahun 90-an cukup mengingat catchphrase tersebut, ya itu adalah salah satu jurus dari karakter Cygnus Hyoga yang merupakan salah satu protagonis di serial anime Saint Seiya. Saint Seiya sendiri di Indonesia sangat terkenal sebagai salah satu dari jajaran anime terfavorit era 90-an silam dan menjadi sebuah warisan masa kanak-kanak pada saat itu. Untuk yang tidak merasakan era itu atau belum mengenal Saint Seiya, Saint Seiya sendiri adalah sebuah seri anime & manga yang menceritakan 5 orang jagoan yang memiliki baju tempur berdasarkan rasi bintang, kelima jagoan ini hanya memiliki satu misi utama yaitu melindungi Dewi Athena dari ancaman musuh.









Gameplay & Features

Saint Seiya Soldiers Soul merupakan game fighting dimana karakternya didesain dalam bentuk 2 dimensi sedangkan arena pertarungannya sendiri disajikan dalam tampilan 3 dimensi, hal ini juga diimplementasikan pada game Saint Seiya Omega Ultimate Cosmo . Untuk ukuran game hasil adaptasi game ini tidak banyak mengemas fitur menarik, anda hanya akan disajikan sebuah pertarungan murni 1 vs 1 yang sangat standar. Hal menarik lainnya yang menjadi nilai plus adalah 'pace' atau tempo pertarungan yang cenderung cepat dan tampilan visual game yang kerap kali menghasilkan kilatan-kilatan cahaya cosmo. Singkat kata keren, bagi anda yang juga lahir di era 90-an atau sudah mengenal Saint Seiya hal ini bisa diibaratkan anda sedang menonton HD Remake Saint Seiya, tentu saja sekaligus dapat memainkan karakter favorit anda.

Saint Seiya Soldiers Soul juga menawarkan sejumlah mode permainan beberapa diantaranya adalah:

Legend of Cosmo: di dalam mode ini kita akan mengarungi cerita yang terbagi atas 4 chapter ( Sanctuary, Poseidon, Asgard & Hades)

Battle: mode ini berisi sejumlah mode seperti vs battle, survival, galaxy war, training & tutorial.
Online Battle
Battle of Gold: pada mode ini anda akan bertarung sebagai salah 1 dari 12 gold saint dan menggunakan God cloth untuk menyelesaikan sejumlah tantangan.

Pros & Cons

+ Karakter yang dihadirkan dalam game sangat banyak walaupun tidak sampai menghadirkan karakter dari serial anime Saint Seiya Omega.

+ Tempo pertarungan sangat cepat, hal ini menjadikan anda pun harus mengatur strategi kapan anda mengeluarkan serangan spesial, melancarkan sejumlah kombo ataupun mengeluarkan jurus pamungkas. Karena pasalnya ai dalam game juga cukup pintar (tergantung tingkat kesulitan mana yang anda pilih).

+ Grafis game nya sangat keren meskipun ditampilkan dalam 2 dimensi, namun hal inilah yang justru menjadi pemikat bagi saya yang penggemar lama. Efek visual seperti kilatan cahaya dan efek dari jurus-jurus juga terbilang sangat keren, selain itu efek dari jurus pamungkas yang dikeluarkan serasa anda sedang menonton anime nya.



Sephiawind's Score

STORY 3.5/5

Penyajian cerita cukup nyaman dipahami jika anda mengikuti serinya, akan terasa sulit jika anda bukan penggemar serial Saint Seiya.

GAMEPLAY 4/5

Serupa dengan game yang sebelumnya saya review, game fighting adaptasi dari anime/manga akan sangat menarik dimainkan ketika anda menciptakan dream match antar karakter-karakter favorit anda.

GRAPHIC 5/5

Efek visual sangat keren, penyajiannya cukup memanjakan mata.

SOUND 4/5

Selain memberikan dub english & japanese , game ini juga memberikan dub bahasa lainnya seperti portugis, brazil  dan lainnya (karena tidak hanya di negara asalnya yaitu Jepang dan di Indonesia saja, Saint Seiya juga terkenal di beberapa negara).

REPLAY VALUE 3/5

Untuk ukuran umum game ini tidak banyak menawarkan fitur lain, anda hanya akan dapat memainkannya dengan cukup lama jikalau anda seorang yang perfeksionis. Karakter dan kostum karakter dapat dibuka menggunakan sejumlah point yang anda kumpulkan dari bertarung dan membelinya di menu Collection.

3.9/5


Conclusions

Saint Seiya Soldiers Soul terbilang terlalu standar untuk ukuran game fighting, namun dimata para penggemar setianya game ini terbilang menarik karena berhasil menyajikan tampilan karakter ala anime dan efek visual yang sangat keren. Pertarungan tempo cepat yang secara visual juga disajikan sangat luwes yang serta merta diikuti oleh lenggokan para Saint mengeluarkan jurus-jurus pamungkasnya. Selain itu pertama kalinya pula game Saint Seiya akhirnya bisa hijrah ke PC selain eksklusif dirilis hanya untuk konsol, tentunya jika anda memiliki spesifikasi PC yang cukup mumpuni anda bisa menikmati game ini dengan efek visual yang lebih keren.



0 komentar:

Posting Komentar