5/18/2016

[Review] Naruto Shippuuden: Ultimate Ninja Storm 4


Naruto Shippuuden: Ultimate Ninja Storm 4
Platform: PC
Genre: 3D Fighting
Release Date: February 9, 2016
Bandai Namco

Dilansir sebagai game adaptasi dari anime/manga yang terkenal dikalangan para penggemarnya, seri game Naruto merilis seri terakhir dari Ultimate Ninja, yaitu Naruto Shippuuden: Ultimate Ninja Storm 4. Game ini mengemas dengan baik cerita perang dunia ninja sampai tamat, serta membawa sejumlah fitur yang tidak kalah menarik. Apa saja fitur menarik tersebut simak review yang saya sajikan hari ini.

Utamanya game ini memiliki 4 mode permainan, yaitu: Story mode dimana kita akan bermain sebagai Naruto dan Sasuke untuk menyelesaikan sejumlah pertarungan melawan musuh yang familiar pada beberapa chapter/episode terakhir manga/anime nya. Mode berikutnya adalah Adventure Mode, pada mode ini disisipkan cerita pendek mengenai beberapa karakter di serial Naruto setelah event ending nya, beberapa diantaranya pula memiliki koneksi dengan movie The Last, contohnya saja alasan mengapa Shino Aburame akhirnya menjadi guru ninja di Konoha. Mode ketiga adalah Online Battle, sesuai namanya kita dapat melakukan pertarungan sesama teman lewat koneksi internet. Mode yang terakhir adalah Free Battle, mode ini memiliki banyak variasi mode pertarungan seperti Survival, Tournament, League & Practice. Kurang lebihnya beberapa mode diatas tidak banyak berubah dibandingkan seri game sebelumnya.
 
Gameplay & Features

Mayoritas pola permainan didominasi oleh pertarungan. Memang ada 3 stage pada Story Mode yang memunculkan mode lain seperti beat em all saat misi Boys in the Midst of war, Beyond Death & Beast Roaring in the Tragic Rain.




Sebenarnya serial Naruto sangat cocok diimplementasikan genre beat em all, lihat saja pada game Naruto Ultimate Ninja Impact yang rilis pada handheld Playstation Portable. Beat em All terbilang sukses untuk serial anime yang memiliki kuota karakter cukup banyak. Lihat saja Saint Seiya, One Piece, maupun Fist of North Star yang terbilang sukses memakai genre beat em all. Namun seolah sudah tradisi, Naaruto Ultimate Ninja Storm 4 tetap berfokus pada fighting 1 vs 1 maupun tag team tradisional namun tetap sangat menarik untuk dimainkan terlebih untuk anda yang menginginkan dream match antara karakter favorit.


Peningkatan visual tidak banyak berubah dari seri Ultimate Ninja sebelumnya, namun pada seri game ini anda dapat menghancurkan pakaian lawan (Armor Break) serupa dengan pada seri animenya. Bahkan rusaknya pakaian karakter kita maupun lawan merupakan referensi dari seri anime/manga nya, seperti ketika Sasuke menyerang Itachi dengan jurus Kirin nya atau saat Jiraiya dihujam berbagai serangan oleh 6 path of Pain dan lainnya yang dapat anda temui dalam permainan.

Implementasi fitur menarik lainnya terdapat pada banyaknya kombinasi jurus tag team yang dapat dilakukan dalam gamenya.








Pros & Cons

+ Karakter yang hadir terbilang cukup banyak, belum lagi nampaknya slot karakter belum terisi penuh. Pihak developer mungkin sengaja agar dapat menjual DLC berisi karakter lebih banyak lagi.

+ Efek visual tidak mengalami peningkatan yang signifikan, namun efek seperti pakaian yang mudah sobek saat diserang terus menerus membuat game ini cukup menarik secara detail.

+ Mode Permainan terbilang tradisional hanya mengusung fighting sebagai mode utama dalam permainan, tetapi cukup menarik jika anda salah satu penggemar serial Naruto.

- Ukuran game mengalami peningkatan yang sangat signifikan karena hampir sebagian besar ukuran yang menyita ruang penyimpanan yang tidak sedikit ini didominasi oleh potongan cerita berbentuk video.

- Tidak terlalu monoton sebenarnya untuk anda yang kurang menyukai seri ini, hanya saja developer seharusnya menambahkan mode lain selain mode fighting yang selalu mendominasi seri ini.

Sephiawind's Score

STORY 3.5/5

Pada seri sebelumnya yaitu: Naruto Shippuuden Ultimate Ninja Storm Revolution, story yang disajikan kurang menarik dan terbilang lebih masuk akal bila dijadikan ekspansi untuk seri Ultimate Ninja Storm 3 Full Burst. Pada seri terbaru ini, Penyajian cerita pada Story Mode dirasa cukup oke, serta penyajian cerita pada Adventure Mode pun memberi nilai tambah untuk gamenya.

GAMEPLAY 4/5

Utamanya Naruto Shippuuden Ultimate Ninja Storm 4 ini mengusung pertempuran yang lebih kacau aka 'chaos'. Hilang sudah cita rasa ninja yang selama ini terkenal dengan gaya diam-diamnya, tingkatan jurus dan daya hancurnya melebihi apa yang anda dapatkan pada seri anime lain semisal Dragon Ball, Bleach, One Piece dan lainnya. Mode tag team salah satunya yang menjadikan pertermpuran semakin luar biasa keren ditambah efek visual yang tidak tanggung-tanggung memanjakan mata.

GRAPHIC 4/5

Tidak banyak peningkatan dari seri sebelumnya.

SOUND 4/5

Tidak banyak peningkatan dari seri sebelumnya

REPLAY VALUE 4.5/5

Game terakhir seri Utimate Ninja ini jadi pertimbangan terbaik bagi anda pecinta seri Naruto. Karakter yang dihadirkan dalam game berpotensi besar akan ditambahkan melalui DLC.

4/5

Conclusions

Jika anda adalah gamer yang juga penggemar serial Naruto maka game ini adalah salah satu koleksi wajib anda sebagai penggemar. Terlebih misalnya saja jika anda tengah memilih satu dari seri game Naruto manakah yang menarik dimainkan pada platform PC tentunya. Jika anda cenderung tidak terlalu menikmati penyampaian cerita versi game namun anda cenderung menghabiskan waktu anda membuat sebuah Dream Match antara karakter favorit maka inilah pilihan anda, Karakter yang dimunculkan sangat banyak. Terlebih sampai tulisan ini terbit saya sudah memainkan game ini sampai update DLC terbaru, kira-kira ada 23 slot kosong yang dalam waktu dekat ini akan diisi oleh DLC yang mungkin akan menghadirkan sejumlah karakter ke seri Naruto Ultimate Ninja Storm 4.

0 komentar:

Posting Komentar