2/01/2015

[Review] Evercoss AT1A*


Evercoss AT1A*
Price: IDR 1,000,000 - 1,300,000

Saya mendapatkan Evercoss AT1A* ini sekitar pertengahan tahun lalu dengan maksud yang sudah pasti mengekspansi pengalaman saya bermain game. Saya pribadi selalu melakukan observasi terhadap suatu produk yang akan saya miliki sebelum saya membelinya agar tidak kecewa nantinya.

Sejumlah merk Android Tablet berukuran 7” sempat jadi pertimbangan saat itu dengan kisaran budget 1,5 – 2 Juta keatas, mulai dari Advan, Lenovo, Acer, Asus dan beberapa merk lain dengan kisaran tersebut yang tidak saya ingat. Setelah membandingkan dengan terperinci pilihan saya akhirnya jatuh kepada Evercoss AT1A* yang memiliki spesifikasi kurang lebih sama dan harga yang justru dibawah budget saya dengan kompetitor lainnya yang memiliki spesifikasi serupa namun harganya di kisaran budget yang saya tetapkan.



Spesifikasi dari Evercoss AT1A*
Dual SIM Card (GSM & GSM) keduanya mendukung HSDPA & 3G
Dimensi:  190 mm (Panjang) x 108 mm (Lebar) x 10.6 mm (Ketebalan) x 341.1 gr (Berat)
Layar: IPS LCD 7” (1024 x 600 Pixel) 'hanya pada seri AT1A* saja'
ROM 8 GB & Expendable Up To 32 GB (MicroSD)
RAM 1 GB
Koneksi: WI-fi & Bluetooth 4.0
OS: Android 4.2 (Jelly Bean)
CPU: Mediatek MT6582 Quad Core 1.3 GHz
GPU: MALI 400 MP2
Camera: 3 MP (Belakang) & 1.3 MP (Depan)
Battery: 4100 mAh

Sebenarnya seri Evercoss AT1A di pasaran ini memiliki 2 seri, yang pertama adalah AT1A dan yang kedua adalah AT1A*. Menurut kabar yang beredar, AT1A* adalah improvisasi dari AT1A dengan implementasi layar IPS yang tidak terdapat pada tablet AT1A serta firmware terupdate yang menjadikan AT1A* ini lebih kencang performanya ketimbang yang tanpa *.
 
Hal ini jarang disinggung dan hanya segelintir orang saja yang mengetahui adanya versi improvisasi dari Evercoss AT1A. Minimnya pemberitahuan melalui media  membuat para calon konsumen kebingungan apalagi para penjual yang kebanyakan tidak tahu perbedaan yang ada * nya maupun yang tidak ada * nya. Cara termudah mengetahuinya adalah dengan mengecek stiker IMEI pada permukaan box bagian samping, jika ada Tulisan Evercoss AT1A* maka dapat dipastikan tablet Android tersebut adalah AT1A* atau dengan cara mengecek di bagian system , namun hal ini mustahil dilakukan saat sebelum transaksi dengan penjualnya (kecuali penjualnya adalah kenalan atau mungkin saudara anda).

Kelebihan lainnya dari Evercoss AT1A* ini adalah implementasi layar Rhino Screen yang menjadikan layarnya lebih kuat dan penggunaan screen guard menjadi tidak terlalu berguna. Saya sempat meminjamkan tablet ini kepada keponakan saya yang cukup brutal main gamenya (dalam berbagai arti) dan juga melepas screen guard bawaan (karena mudah lepas dan tidak terlalu bagus kualitasnya), dari sinilah kekuatan Rhino Screen teruji sekali ketahanannya, tidak ada bekas goresan sama sekali pada tablet Evercoss AT1A* milik saya.




Packaging & Accessories

Saya pribadi sangat suka dengan tampilan belakang box dari Evercoss AT1A* ini yang cukup detail mendeskripsikan sejumlah fitur yang terdapat pada Tablet Android ini. Untuk Aksesorisnya terbilang lengkap karena selain memberikan aksesoris standar seperti Handsfree, Buku Manual, Buku garansi & Charger; Evercoss AT1A * juga memberikan kabel USB OTG (On The Go) & 1 buah leather case sintetik yang ‘matching’ dengan warna tabletnya (tersedia warna Hitam, Putih & Abu-abu).

Tentunya pemberian Leather Case Sintetik ini menjadi nilai plus karena selain melindungi Tablet Android Evercoss AT1A* anda juga tidak menghalangi dua fitur yang terdapat pada Evercoss AT1A* yaitu Kamera & Speaker ketika anda memakai Leather Case bawaan. Terlebih mencari Case dengan ukuran 7” yang pas di Tablet Android cukup sulit walaupun anda bisa membeli Case Universal tetapi penempatan lubang kamera dan lubang speaker terkadang tidak pada tempatnya untuk Case Universalnya.







Performance & Detail

Sesuai dengan iklan, performa dari Evercoss AT1A* ini memang dipersiapkan untuk mencicipi game 3D Android yang berat sekalipun karena telah dipersenjatai dengan CPU bertenaga Quad Core 1.3 GHz, GPU MALI 400 MP2 dan RAM 1 GB. Game berat sekalipun seperti Asphalt 8 Airborne HD telah saya cicipi menggunakan Evercoss AT1A* dengan setting maksimum dan kualitas grafis yang dihasilkan membuat saya takjub terlebih lagi hal ini terbilang enteng untuk Evercoss AT1A* manakala tidak timbul panas berlebih dari game berat ataupun tidak ada lag saat memainkan gamenya. Seolah memahami kebutuhan gamer akan kontinuitas bermain game di luar rumah, Evercoss juga memberikan daya baterai yang cukup besar yaitu sebesar 4100 mAH yang pastinya sangat-sangat mendukung gamer melanjutkan permainannya dalam waktu yang cukup lama

Testing Asphalt 8 Airborne HD 


Testing Persona 3 Portable (PPSSPP)




Evercoss AT1A* ini layak mendapatkan predikat sebagai salah satu Tablet Android Gaming yang memiliki performa gaming yang cukup baik di kelas low entry budget. Dikatakan terbaik di kelas low entry budget tidak menjadikan tampilan dari Evercoss AT1A* ini terkesan murahan, Performa mesin yang bagus juga disandingkan dengan tampilan tablet yang elegan seperti terlihat pada bagian belakang Evercoss AT1A* yang menyerupai tekstur bahan kulit namun terbuat dari plastik.
Kekurangan dari Evercoss AT1A* ini adalah output speakernya yang suaranya terkadang naik turun sendiri dan kualitas kamera yang tidak terlalu bagus karena hanya berkekuatan 3 Megapixel saja, terlebih lagi seolah tidak fokus pada fitur ini Evercoss juga tidak menyematkan fitur auto fokus pada kameranya.

Kualitas Foto (Indoor) 


*Untuk Kualitas Foto Outdoor akan sesegera mungkin ditambahkan.

Pros & Cons

+ Performa gaming sangat bagus.

+ kapasitas baterai cukup besar.

+ Murah.

- Suara speaker sering naik turun.  

- Kualitas kamera kurang bagus.

Conclusions

Sejatinya membeli perangkat Tablet Android memang tidak difokuskan untuk dijadikan perangkat penunjang aktifitas seperti smartphone karena bentuknya yang tidak ramah di saku serta kebanyakan orang membeli Tablet Android dipastikan sebagai penunjang untuk membuat orang tersebut menikmati sejumlah fitur multimedia yang ditawarkan seperti browsing di layar yang lebih luas, bermain game, mendengarkan lagu dan lain-lain.

Kekurangan pada kualitas speaker & kamera tidak terlalu vital menurut saya, karena komunitas Evercoss AT1A* di grup facebook memiliki solusi untuk membetulkan masalah speaker ini dan kekurangan pada kamera terbilang jamak saja karena kompetitor lainnya di segmen tablet 7” ini memang tidak pernah fokus pada kamera.  Oke sekian dari review saya kali ini semoga menjadi pertimbangan untuk para pembaca yang ingin membeli gadget murah namun berkualitas, nantikan review selanjutnya hanya di blog saya, Sephiawind.

0 komentar:

Posting Komentar