2/03/2015

[Review] SIC Kiwami Tamashii Masked Rider Ryuuki

*artikel pindahan dari blog lama saya progamersdiary.blogspot.com


SIC Kiwami Tamashii Masked Rider Ryuuki Vol. 2
Release Date : July 2009
Price : IDR +150,000,-
Bandai

Dengan dapatnya SIC Kiwami Tamashii Masked Rider Ryuuki, lengkaplah sudah jajaran lini Heisei Rider di seri SIC Kiwami Tamashii yang tengah saya koleksi ini. Saya masih berharap kedepannya Bandai bisa merilis Kabuto & Kiva di lini SIC Kiwami Tamashii. Saya pribadi bukan penggemar Ryuuki dan hanya menonton serialnya sekilas saja pada salah satu stasiun TV lokal yang saat itu menayangkan serial Kamen Rider Ryuuki & versi Saban nya yaitu Masked Rider Dragon Knight.

Review

Kamen Rider Ryuuki merupakan tokoh utama dari serial Kamen Rider Ryuuki yang merupakan seri ketiga Kamen Rider era Heisei sejak Kamen Rider Kuuga. Alter ego dari wujud manusianya yaitu, Shinji Kido memiliki sifat yang cenderung menghindari rider battle diantara para Rider lainnya di serial Kamen Rider Ryuuki. Kamen Rider Ryuuki juga merupakan Kamen Rider pertama yang mengusung Rider Battle sebagai tema dan penggunaan kartu sebagai sumber kekuatan utama para Ridernya.


Packaging

SIC Kiwami Tamashii Masked Rider Ryuuki mungkin bisa dibilang pelopor untuk packaging serupa sampai seri SIC Kiwami Tamashii Kamen Rider Blade Jack, yaitu : menggunakan 1 buah blister saja lengkap dengan kawat plastik dan selotip yang menjaga pergerakan benda-benda seperti figure maupun aksesorisnya agar tidak berpindah serta tetap aman.
 

Accesories

Aksesoris untuk figure SIC Kiwami Tamashii Kamen Rider Ryuuki terbilang amat sangat sedikit, yaitu : 2 buah tangan kanan dengan gimmick untuk menggenggam Drag Saber & memegang kartu , sebuah Drag Saber (senjata seperti golok yang diambil dari bagian buntut Dragreder/Monster Kontrak dari Kamen Rider Ryuuki) dan sebuah Drag Claw yang biasa digunakan untuk mengeluarkan serangan strike vent (senjata jarak jauh yang diambil dari bagian kepala Dragreder).

Details

Detailnya cukup akurat namun tidak ada sisi imajinatif yang ditonjolkan pada figure ini. Pengecatan pada figure, warnanya terlalu kontras berbeda dengan warna pada aksesorisnya yang berwarna merah metalik. Warna merah yang membalut tubuh SIC Kiwami Tamashii Kamen Rider Ryuuki ini justru dibalut dengan warna merah yang memberikan kesan material figure ini terbuat dari bahan plastik murahan. Untuk artikulasi terbilang cukup baik untuk figure yang memiliki artikulasi type lama serta beberapa gimmick seperti gimmick memegang kartu yang semakin membuat pose Kamen Rider Ryuuki terlihat keren.   
Pros & Cons

+ Joint pada tangan opsional tidak menggunakan model bola (ball joint), hal ini membuat tangan opsional tidak mudah patah.
+ Detailnya sangat akurat walaupun tidak menonjolkan sisi imajinatif sebagaimana figure SIC pada umumnya. Artikulasi terbilang cukup baik karena mampu membentuk beberapa pose yang menjadi signature dari Kamen Rider Ryuuki.

- Aksesoris amat sedikit, tidak ada aksesoris Guard Vent untuk figure SIC Kiwami Tamashii Kamen Rider Ryuuki.
- Pemilihan cat pada figure tidak terlalu bagus, warna merah yang disajikan terkesan tidak berani.

Sephiawind Score

Design 4/5

Cukup keren untuk figure seukuran 11 cm, gimmick mulut naga yang bisa dibuka-tutup pada Drag Claw juga sangat keren.

Poseability 3/5
Entah apakah figure SIC Kiwami Tamashii Masked Rider Ryuuki saya yang terlalu seret untuk artikulasi pangkal pahanya atau memang karena keterbatasan dari pabrikannya sendiri yaitu Bandai yang membuat figure ini tidak terlalu mantap melakukan pose dimana kaki pada figure harus direntangkan.

Accessories 2/5
Aksesoris yang diberikan terkesan minim.

Packaging 3/5
Standar seri SIC Kiwami Tamashii lawas.

Price 4/5
Harga relatif murah. 

3.2/5 
 

Conclusion

Figure ini cukup layak dimiliki apabila anda adalah penggemar dari serial Kamen Rider Ryuuki atau jika anda kebetulan ingin melengkapi deretan Rider era Heisei versi Kiwami yang notabene lebih murah dikoleksi ketimbang lini figure lainnya. Namun leletnya produsen mainan Bandai membuat hal ini jadi bahan pertimbangan yang masak-masak juga jika anda adalah fans seri ini, pasalnya baru 2 Rider dari serial Kamen Rider Ryuuki saja yang baru dirilis, yaitu: Kamen Rider Ryuuki & Kamen Rider Knight, tidak ada kabar yang pasti untuk kelanjutan lini ini. Tetapi jika hanya sekedar melengkapi deretan Rider utama era Heisei, Kamen Rider Ryuuki ini cukup direkomendasikan. karena harga yang relatif lebih murah serta kualitas yang secara keseluruhan cukup baik. Oke, sekian dari review figure saya kali ini semoga menjadi referensi bagi anda yang ingin menambah koleksi figure.    


0 komentar:

Posting Komentar