1/26/2015

[Review] Seagate Backup Slim 2 TB


Seagate Backup Slim
Price: IDR 1,500,000 - 1,600,000

Selain action figure, tahun lalu ada beberapa barang yang saya dapatkan tahun lalu tepatnya sekitar akhir tahun kemarin. Saya yang juga merupakan seorang gamer sekiranya membutuhkan ruang kosong untuk penyimpanan sejumlah game maupun software, alhasil diboyonglah Harddisk External berkapasitas 2 TB sebagai Harddisk external ketiga yang saya miliki sejauh ini.

Pilihan jatuh kepada Seagate Backup Slim yang memiliki bentuk yang sangat ringkas dan implementasi body yang terbalut metal yang sekiranya membuat Harddisk External ini terlihat mewah namun dengan harganya yang tidak terlalu mahal. Seagate Backup Slim ini juga menggunakan port koneksi USB 3.0 yang menjadikan Harddisk Extrnal ini memiliki kecepatan baca dan tulis lebih kencang.



Packaging & Accessories
Box dari Harddisk Seagate Backup Slim ini cukup memberikan info yang sangat detail akan produknya seperti:

  • Dukungan USB 2.0 & 3.0. 
  • Dukungan OS : Windows (XP, 7 & &), Mac OS X(mulai dari 10.6.8 sampai versi terbaru ), iOS 6 (sampai versi terbaru) & Android 2.3 (sampai versi terbaru).
  • Desain slim, body metal serta software backup untuk media sosial & perangkat mobile.
  • Tebalnya yang hanya 12.1 mm.

Perlengkapan lainnya yang terdapat dalam box adalah USB 3.0, Seagate Backup Slim & Manual Book.


Performance & Detail

Ini pertama kali saya membuat review Harddisk, saya pribadi tidak terlalu paham untuk hasil benchmark namun dapat saya pastikan bahwa Seagate Backup Slim ini memiliki performa yang luar biasa, untuk pemakaian seperti backup atau copy data Seagate Backup Slim sekurangnya memiliki kecepatan pengiriman data sekitar < 10 menit untuk sejumlah file dengan ukuran + 100 GB.

Kekurangan dari Seagate Backup Slim ini adalah bodynya yang berbalut metal yang cukup sering menyerap panas, disarankan untuk tidak menggunakan case atau menjauhkan dari sumber panas seperti pada komputer maupun laptop anda.


Pros & Cons

+ Ada harga pastinya ada rupa, Harga yang dibanderol untuk Seagate Backup Slim relatif murah terlebih untuk ukuran dan performa aksesoris komputer saat ini yang semakin berkembang dan semakin murah.

+ Tidak hanya mendukung perangkat komputer saja juga mendukung perangkat smartphone.

- Mudah menyerap panas.
Perbandingan dengan HDD saya yang lain dari ki-ka
(Axioo 500 GB, Seagate 1 TB & Seagate Backup Slim 2 TB)
Conclusions

Semakin berganti zaman, bentuk Harddisk External mulai berevolusi mulai dari yang berukuran besar dengan kapasitas besar sampai menjadi berukuran sedang/kecil dengan kapasitas yang besar pula juga semakin harganya mulai menyesuaikan dengan kantong kita.

Mengesampingkan kekurangannya yang dapat ditolerir, Performa dan harga yang ditawarkan justru cukup menggiurkan. Sekian dari review kali ini, semoga dapat membantu para pembaca yang ingin menambah kapasitas ruang digital atau menjadikan review ini sebagai tolak ukur pembanding antara barang lainnya.  

0 komentar:

Posting Komentar